Alasan Sebuah Perjalanan.

Namanya Yesi (21 tahun), Jurusan Komunikasi di Universitas Terbuka Jakarta. Aku menemuinya di Stasiun Kebumen yang sunyi, bersama langit pagi yang kebiruan, dan kereta tujuan Yogya yang lama tak kunjung datang.

“Sebenernya UT itu anaknya UNJ loh kak” katanya dengan mata berbinar.

“Oh iya?” tanyaku penasaran.

“Iya, jadi sebenernya dulu nama dia itu UNJ Terbuka. Dia didirikan buat orang-orang yang pengen masuk negeri tapi gak punya duit”

“Lah, emang SPP kamu per semesternya berapa?” aku berusaha menimpali.

“2,5 juta”

“Oooh” dalam hati, kutimpali begini ‘lah, di UPI masih bisa lebih murah kalo kita masukin data pendapatan orangtua dengan nominal yang lebih kecil’. Eh tapi tidak berani kubalas begitu wkwk.

“Sistem belajarnya juga online loh kak” serunya menambahkan.

“Wah, bagus dong. Rame”

“Ah nggak kak, pusing” gerutu Yesi dengan senyum tipis.

“….”

“Jadi kita kuliahnya cuma Sabtu sama Minggu aja, di Rawamangun. Terus nanti kita dikasih video tutorial sama tugas-tugas secara online, ngerjain dan ngirimnya juga online”

“Sekarang kamu mau kemana?”

“Mau ke Yogya kak!” serunya girang.

“Ngapain?”

“Mau ke Malioboro, makan gudeg sama snapgram biar orang-orang tahu kalo aku lagi di Yogya”

“….” tiba-tiba hatiku menciut, lalu muncul pertanyaan besar ‘apa aku sedang berbincang dengan salah satu penggagas Generasi Tik-tok?’


Well, aku tahu kalau setiap orang punya alasan masing-masing untuk memulai penjelajahan

….ada yang menggunakan alasan logis, ada yang tidak. Hanya menurut-Nya, kita tidak sepatutnya menjadikan hasrat pamer sebagai alasan utama untuk berjalan di bumi Allah (Q.S. Luqman: 18)

Ah iya, karena Tuhan pernah berbisik:

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri” (QS. Lukman: 18).

Jangan lupa baca artikel ini juga ya ✋👌

Iklan

2 tanggapan untuk “Alasan Sebuah Perjalanan.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s